Pecinta makanan Jepang pasti sudah nggak asing lagi dengan menu-menu favorit seperti ramen, soba, dan udon. Ketiganya adalah hidangan mie yang biasanya dibedakan dari bahan dasar pembuatan, ukuran diameter mie setelah jadi, kadar air yang terkandung di dalamnya, serta beragam rasa kreasi kuah dalam proses penyajian. Soba biasanya dibuat menggunakan tepung gandum, berbeda dengan ramen yang dibuat dari campuran tepung terigu dan telur. Tapi, soba yang satu ini ternyata berbeda!

Mazesoba (biasa juga disebut Abura Soba atau Mazemen) adalah hidangan mie khas Jepang yang terkenal karena keunikannya dibandingkan dengan ramen secara umum; yang disajikan dalam mangkuk berkuah.

Maze dalam bahasa Jepang memiliki arti campur, sementara Soba merujuk pada mie yang terbuat dari gandum. Secara harfiah, Mazesoba memiliki arti mie campur.

Baca juga: 5 Jenis Kuah Ramen yang Wajib Kamu Ketahui!

Meskipun diberi nama Mazesoba, mie yang digunakan dalam hidangan ini terbuat dari

Makanan ini terdiri dari semangkuk mie kenyal yang disajikan dengan topping berlimpah seperti irisan daging, sayuran, rumput laut kering, telur rebus setengah matang, dan saus kaya rasa. Sausnya sendiri terbuat dari campuran kecap, minyak wijen, bumbu pedas, dan bumbu-bumbu lainnya yang menambah kelezatan hidangan satu ini.

Kekentalan saus yang melapisi setiap helai mie menjadi salah satu ciri khas Mazesoba. Kamu bisa mencampur seluruh isi yang tersaji di dalam mangkuk untuk memberikan pengalaman makan terbaik, menikmati setiap gigitan yang menggugah selera. Di beberapa restoran, Mazesoba disajikan dengan tambahan bawang bombay cincang, rempah-rempah, dan chilli oil yang memberikan sensasi pedas serta aroma yang khas.

Hampir sama seperti Tsukemen, Mazesoba menjadi hidangan populer di Jepang karena kelezatan, keunikan, dan perbedaannya dari ramen secara umum. Diracik tanpa kuah membuat tekstur mienya senantiasa kenyal dan bumbunya jauh lebih terasa di lidah. Fleksibilitas yang ditawarkan untuk menyesuaikan rasa sesuai preferensi pribadi juga menjadi salah satu nilai plus. Misal, kamu bisa menambahkan saus cabai lebih banyak jika menyukai makanan pedas!

Baca juga: Tsukemen, Keunikan Ramen Kuah Pisah yang Wajib Kamu Coba!

Dilansir dari japancrate.com, nama Mazesoba pertama kali dikenalkan di Prefektur Aichi, tepatnya wilayah Nagoya dan sampai saat ini dikenal sebagai salah satu makanan lokal. Menu ini dihasilkan setelah melalui proses trial and error yang dilakukan oleh pemilik toko ‘Menya Hanabi’, salah satu toko mie lokal yang terletak di Nagoya.

Di Indonesia, yang sebagian besar masyarakatnya memiliki kecintaan khusus pada menu mie goreng, Mazesoba bisa menjadi salah satu alternatif terbaik untuk mengenalkan diri pada dunia ramen. Beberapa ramen chain besar seperti Bariuma Ramen, menjadikan Mazesoba sebagai salah satu menu unggulan, lho.

Gimana, nih? Apakah kamu tertarik mencicipi mie tanpa kuah yang gurih dan enak asal Jepang?