Bicara soal ramen tidak mungkin lepas dari jenis kuah shoyu. Sebagai salah satu jenis kuah yang paling sering disebut-sebut dalam sejarah ramen, Shoyu Ramen jelas menjadi favorit banyak orang. Ciri khas kuah shoyu adalah perpaduan gurih dan asin yang didapat dari rebusan tulang babi dan ayam selama beberapa jam, lalu diolah dengan menambahkan beberapa bumbu seperti jahe, bawang putih, rumput laut, dan tentu saja kecap asin. Meski begitu, untuk jenis ramen halal, kuah shoyu dibuat dari rebusan tulang non-babi, ya!

Baca juga: Shoyu Ramen, Kombinasi Rasa Kecap Asin ala Ramen Orisinal Rairaiken

Selain Shio Ramen, jenis ramen yang satu ini juga termasuk yang direkomendasikan untuk pemula karena tipikal rasanya yang light, tidak terlalu berat dan masih cocok di lidah orang Indonesia. Shoyu Ramen biasa dipadukan dengan jenis mie yang panjang dan lurus, sementara rekomendasi topping-nya cukup beragam mulai dari chashu, telur rebus, fishcake, rumput laut, hingga tauge.

Nah, buat kamu yang penasaran dan kepengen banget cobain otentiknya Shoyu Ramen, berikut beberapa restoran rekomendasi yang wajib kamu coba!

SUSURU – Gading Serpong

SUSURU adalah restoran ramen yang telah memiliki 3 cabang di area Jabodetabek. Restoran ini menyajikan resep ramen otentik Jepang yang dipelajari langsung dari master-nya. Konon, tepung yang digunakan untuk membuat mie di Susuru diimpor langsung dari Jepang, lho. Ngomong-ngomong soal Shoyu Ramen, Premium Chashu Shoyu Ramen adalah salah satu menu andalannya yang bisa kamu coba cukup dengan merogoh kocek Rp82.000,- saja, lho. Sudah dapat satu mangkuk ramen kuah shoyu, lengkap dengan 3 chashu, dan 1 tamago. Nah, cabang yang satu ini terletak di Gading Serpong, Tangerang!

Fujiyama 55 – Fatmawati

Fujiyama 55 adalah restoran ramen yang pertama kali berdiri di Nagoya, salah satu prefektur di negara Jepang. Karena rasanya yang otentik dapat diterima oleh masyarakat Indonesia, Fujiyama 55 pun membuka cabang di Indonesia di bawah naungan Daisei Group. Restoran yang satu ini mengusung konsep Ramen Bar, selain bisa menikmati kelezatan ramen, kamu juga bisa mendapatkan pengalaman makan hidangan Jepang yang cukup unik, lho! Seru banget buat dikunjungi sendiri maupun bareng sama temen-temen. Nah, Shoyu Ramen di sini dibanderol dengan harga Rp70.000,- saja. Cukup terjangkau dibandingkan dengan kenikmatan dan pengalamannya! Cabang yang satu ini terletak di daerah Fatmawati, ya.

Bariuma Ramen – Setia Budi

Bariuma Ramen berdiri pada tahun 2003 di Hiroshima, Jepang—dan terus melebarkan sayapnya hingga mendirikan banyak cabang di luar negeri termasuk Indonesia. Merek ramen yang satu ini telah mendapatkan banyak penghargaan, tidak hanya di negeri asalnya, melainkan juga di Malaysia, Singapura, Thailand, dan Indonesia. Jumlah penghargaan yang diterima jelas sepadan dengan kenikmatan menu yang disajikan, bukan? Untuk mencicipi Shoyu Ramen di Bariuma, kamu bisa memilih menu Ajitama-Uma, mie ramen rasa kuah shoyu dengan babi yang dipadukan dengan chashu tebal dan telur rebus, dibanderol dengan harga Rp79.000,- saja. Cukup terjangkau, ya! Cabang satu ini terletak di daerah Setiabudi, Jakarta Selatan.

Marutama Ramen – Mall of Indonesia

Marutama terkenal sebagai restoran ramen yang telah mengembangkan jaringannya tidak hanya di Ryogoku, Tokyo, dan Kawaguchi, Saitama—tetapi juga di Singapura, Malaysia, Thailand, dan tentu saja Indonesia! Ramen chain yang satu ini memiliki sup Toripaitan khas yang dimasak selama berjam-jam lamanya sebagai unggulan. Proses ini menjadikan kuahnya kaya rasa dan menyenangkan untuk dinikmati. Ada Tamago Ramen, signature menu dari Marutama—yang dilengkapi dengan topping telur-pemenang-penghargaan—dan dibanderol dengan harga Rp82.000,- saja. Menu yang satu ini tersedia untuk kuah shio, miso, black garlic, dan tentu saja kuah shoyu! Cabang yang satu ini ada di Mall of Indonesia, Jakarta Utara, ya!

Ramen Seirock-ya – Mall Taman Anggrek

Seirock-ya adalah ramen chain halal yang pertama kali buka di Kota Tsukuba, Jepang, pada tahun 2009 dan telah memiliki lebih dari 15 cabang di negara asalnya. Di Indonesia sendiri, Seirock-ya baru buka pada tahun 2014 dan mendapat sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia tiga tahun setelahnya. Seirock-ya adalah ramen halal yang direkomendasikan untuk teman-teman muslim yang kepengen cobain Shoyu Ramen, nih! Shoyu Ramen-nya dibanderol dengan harga Rp62.000,- saja, lho!

Nah, itu dia rekomendasi Shoyu Ramen yang wajib banget banget banget kamu coba! Jangan lupa tinggalkan komentar kalau sudah icip salah satunya, ya.