Miso Ramen merupakan salah satu jenis ramen yang cukup populer di Indonesia, khususnya di area Jabodetabek. Terbukti dengan banyaknya restoran Jepang yang menawarkan menu satu ini terlepas dari rasanya yang unik dan, mungkin saja, tidak terlalu akrab bagi lidah orang Indonesia. Memiliki kuah dengan cita rasa utama gurih, nyatanya Miso Ramen menawarkan pengalaman kuliner yang cukup memuaskan bagi penggemar hidangan Jepang.

Salah satu ciri khas Miso Ramen yang cukup menonjol adalah pasta miso yang digunakan sebagai campuran bahan dasar. Pasta miso ini sejatinya adalah fermentasi kedelai yang dicampur dengan gandum Koji yang mengandung berbagai macam protein, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh. Jenis kuah yang satu ini cocok dipadukan dengan mie bertekstur kenyal, ditambah topping chashu, jagung, sayuran, ataupun butter.

Baca juga: Miso Ramen, Kelezatan Pasta Kedelai yang Menggugah Selera

Di Jabodetabek, kamu bisa mampir ke beberapa restoran berikut untuk ikut mencicipi nikmatnya Miso Ramen yang erat kaitannya dengan Kota Sapporo di Jepang.

Ramen Seirock-ya, Mall Taman Anggrek

Bicara soal ramen, belum lengkap rasanya kalau tanpa menyebut Seirock-ya. Salah satu chain restoran ramen halal terbesar di Indonesia ini tentu menyajikan Miso Ramen sebagai bagian dari menu andalannya. Buka di Radio Dalam pada tahun 2014 sebagai cabang internasional pertama dari Tsukuba, Jepang, Seirock-ya telah menjadi salah satu andalan pecinta ramen Indonesia. Seirock-ya memiliki begitu banyak cabang di Indonesia, dalam artikel ini, kamu bisa mampir ke Mall Taman Anggrek, ya. Di sini, Miso Ramen dibanderol mulai dari Rp65.000,-

Ichisan Ramen, Gading Serpong

Meski baru beroperasi pada tahun 2021 lalu, Ichisan Ramen ternyata sukses besar dalam menarik perhatian pecinta makanan khas asia timur, khususnya Jepang. Mengusung viralitas dengan menu andalan Krabby Baby Ramen, ramen dengan topping kepiting yang tidak biasa, Ichisan Ramen dengan cepat menjadi obrolan panas di media sosial. Salah satu menu andalannya, Spicy Miso Kara Ramen dibanderol dengan harga Rp46.000,- saja, lho. Cabangnya ada beberapa, dalam artikel ini, kamu bisa mencoba berkunjung ke Ichisan Ramen yang di Gading Serpong, ya! Teman-teman penikmat ramen yang beragam Islam pun tidak perlu khawatir karena restoran yang satu ini tidak memiliki menu babi.

Ramen 38 Sanpachi, Kamome Building 

Well, sebagai salah satu pionir restoran ramen di Indonesia, tentu saja kita tidak bisa meninggalkan ramen chain yang satu ini. Menawarkan ramen dengan rasa yang cukup otentik, Ramen 38 Sanpachi di bawah naungan Daisei Group telah menjadi salah satu restoran ramen terbaik yang menjadi tujuan utama pecinta kuliner di Jakarta dan sekitarnya. Cabang dari Ramen 38 Sanpachi di Indonesia ada banyak, yang satu ini terletak di Kamome Building, ya. Di sini, kamu bisa mencicipi nikmatnya Miso Ramen cukup dengan Rp85.000,- saja.

Yoiko Ramen 415, Mahakam

Yoiko Ramen 415 adalah restoran Jepang yang mengusung konsep penuh warna dan tempat yang super nyaman. Meski menyajikan menu selain ramen seperti sushi dan tempura, tetap saja ramen yang dihidangkan dalam mangkuk besar mengenyangkan menjadi andalannya. Restoran ini memiliki 2 cabang yakni di area Mahakam dan SPBU Pertamina Antasari, ya. Miso Ramen di sini dibanderol dengan harga Rp75.000,- saja.

Nanami Ramen, Mall Artha Gading

Restoran ini menyajikan banyak kreasi unik dan kaya rasa dari semangkuk mie kuah asal Jepang yang biasa kita sebut ramen. Selain harga yang relatif murah, menu yang beragam, dan tempat yang nyaman, Nanami Ramen membawa salah satu chef profesional asal Jepang yang bernama Akiyuki Litaka sebagai daya tariknya. Buat kamu yang kepengen mencicipi semangkuk Spicy Miso Ramen with Egg a la Chef Akiyuki, cukup datang ke Mall Artha Gading saja, ya! Menu tersebut dibanderol dengan harga Rp54.545,-

Nah, itu dia Rekomendasi Miso Ramen terfavorit di Jabodetabek yang wajib banget kamu coba. Meski rasanya tergolong unik, Miso Ramen benar-benar patut mendapatkan perhatian terutama karena manfaat pasta miso yang baik untuk tubuh. Share pengalamanmu di makan ramen di restoran-restoran ini, yuk!