Yogyakarta, biasa disebut sebagai Jogja, adalah sebuah daerah istimewa yang terletak di bagian selatan pulau Jawa. Selain dikenal sebagai kota pelajar yang erat dengan nilai-nilai budaya, Yogyakarta juga terkenal dengan kelezatan dan keragaman kulinernya, lho!

Sebagai makanan khas, gudeg jelas masih menjadi kuliner unggulan. Namun, dengan banyaknya jumlah pelajar dan mahasiswa yang datang sebagai perantau, berbagai macam kuliner khas Indonesia dan internasional juga berkumpul di wilayah ini. Tentu saja ramen salah satunya! Meski bukan merupakan makanan tradisional Indonesia, mie kuah asal Jepang ini sudah cukup mendunia dan menjadi comfort food banyak orang. Tidak heran, kedai-kedai kecil yang menyajikan hidangan ini turut menjamur di kota pelajar.

Buat kamu yang tinggal di Jogja, berikut adalah 5 Rekomendasi Restoran Ramen yang bisa kamu temukan di Yogyakarta!

Hakata Ikkousha – Pakuwon Mall Yogyakarta

Hakata Ikkousha adalah rumah makan ramen favorit yang berdiri 40 tahun silam di Fukuoka, Jepang—sebuah wilayah yang terkenal dengan keanekaragaman kulinernya. Ramen Ikkousha di Indonesia memberikan pilihan rasa yang beraneka ragam dan telah disesuaikan dengan selera Indonesia. Meski begitu, untuk menjaga rasa dan kualitasnya, koki/chef asli dari Jepang didatangkan langsung untuk setiap cabang di sini, lho! Di Yogyakarta, ada beberapa cabang Hakata Ikkousha yang bisa kamu datangi untuk mencicipi hidangan otentik khas Jepang yang satu ini. Salah satunya terletak di Pakuwon Mall yang berada dipusat kota. Sambil jalan-jalan di akhir pekan atau sekadar melepas penat setelah pulang kerja dan kuliah, kamu bisa mampir untuk makan ramen di sini, ya!

Golden Geisha – Jogja City Mall

Bicara soal ramen di Jogja belum lengkap rasanya tanpa menyebut Golden Geisha. Sebagian orang bahkan rela datang jauh-jauh dari kota sebelah dan seberang untuk sekadar mencicipi semangkuk ramen khas milik merek yang satu ini. Terletak di dalam Jogja City Mall, Golden Geisha menyediakan berbagai macam menu yang biasa dinikmati oleh para pencinta ramen—mulai dari menu ukuran anak-anak, bahkan ukuran diet juga, lho! Karena restorannya selalu ramai dan antre, kamu mungkin perlu memperhatikan jam kedatangan untuk bisa makan di Golden Geisha, ya!

Gokana Ramen & Teppan – Pakuwon Mall

Gokana Ramen & Teppan adalah ramen chain di bawah naungan PT Champ Resto Indonesia Tbk yang menyajikan ramen lokal dan dijamin kehalalannya. Meski restoran cabang Gokana Ramen & Teppan hampir selalu terletak di dalam mall, mie ramen dan menu lainnya yang disajikan oleh resto satu ini tergolong murah, lho! Untuk bisa mencicipi semangkuk Beef Shoyu Ramen, mie ramen kuah shoyu dengan topping daging sapi, kamu cukup merogoh kocek di bawah 50 ribu saja! Kamu juga bisa menikmati pengalaman baru dengan makan ramen di atas hotplate. Menyenangkan, bukan?

Sugoi Ramen Express – Condongcatur

Sugoi Ramen Express adalah restoran ramen di Jogja yang menjadi favorit mahasiswa karena harganya yang tidak masuk akal. Rasanya? Lebih tidak masuk akal lagi, lho! Satu mangkuk ramen orisinal di Sugoi Ramen Express dibanderol dengan harga Rp8.000,-. Satu mangkuk ramen kuah miso yang sudah dilengkapi dengan topping telur rebus, pokcoy, jamur, daun bawang, nori, dan daging sapi juga dibanderol dengan harga Rp23.000,- saja! Murah banget, kan? Restoran ramen yang terletak di sekitar Terminal Bus Condongcatur ini hampir selalu ramai dipadati pengunjung. Di beberapa waktu, waiting list benar-benar diberlakukan untuk menikmati satu mangkuk ramen dengan harga yang cukup terjangkau ini.

Nikkou Ramen – Affandi Gejayan

Selain Sugoi Ramen Express yang terletak di daerah Condongcatur, Nikkou Ramen adalah kedai masakan Jepang favorit mahasiswa lainnya! Kedai ramen yang satu ini sudah buka sejak tahun 2008 dan menjadi favorit banyak orang karena harganya yang relatif terjangkau, juga rasanya yang sesuai dengan lidah orang Indonesia. Saat ini, Nikkou Ramen punya dua cabang yang terletak di Jalan Affandi Gejayan dan Jalan Suryopranoto. Berbeda dengan kedai ramen lainnya, Nikkou Ramen tutup di hari Senin, ya! Jadi, kamu harus memastikan kembali jadwal kunjungan ke sini supaya enggak harus pulang dengan tangan kosong.

Nah, itu dia 5 Rekomendasi Restoran Ramen di Yogyakarta untuk kamu si pencinta ramen yang berdomisili di kota pelajar! Sudah pernah coba semua? Mana nih yang jadi favoritmu?