Selain sushi dan tempura, ramen adalah salah satu hidangan Jepang yang terkenal di seluruh dunia. Adonan mie yang terbuat dari tepung terigu, telur, dan air disajikan dengan berbagai varian rasa dan topping dalam semangkuk kuah nikmat. Belum cukup menjadi hidangan yang terkenal saja, ramen dengan cepat menjadi makanan favorit sekaligus comfort food sebagian penikmatnya.

Tidak terpaku pada resep orisinal, ramen senantiasa mengalami perkembangan dari masa ke masa. Kuah Shoyu yang dikembangkan Rairaiken, kuah Miso yang menjadi hidangan khas di Sapporo, hingga kuah Tonkotsu yang juga dikenal sebagai Hakata ramen. Seiring dengan persebarannya yang semakin meluas ke seluruh dunia, varian Spicy Ramen pun lahir dan turut digemari.

Baca juga: 5 Jenis Kuah Ramen yang Wajib Kamu Ketahui! 

Pada dasarnya, Spicy Ramen adalah jenis ramen yang memiliki tingkat kepedasan lebih tinggi dari ramen biasa. Di beberapa restoran, kita sebagai pelanggan bahkan memiliki kuasa untuk mengatur sendiri level pedasnya. Nah, rupanya, rasa pedas yang muncul dari Spicy Ramen ini berasal dari saus pedas dengan resep khusus yang terbuat dari bahan-bahan seperti cabai, bawang putih, jahe, dan rempah-rempah lainnya. Kombinasi ini menghasilkan cita rasa pedas yang menggugah selera sekaligus menantang penggemarnya.

Jenis kuah yang dapat dikreasikan menjadi Spicy Ramen tentunya beragam, mulai dari Spicy Shoyu Ramen, Spicy Miso Ramen, Spicy Tonkotsu Ramen, hingga Spicy Mazesoba, ataupun Spicy Tsukemen. Well, memang Spicy Ramen ini pada dasarnya hanya menambahkan pasta cabai di kuah ramen yang sudah ada. Kamu bisa menyesuaikan jenis kuah ramen favoritmu dan menambahkan pilihan pedas di dalamnya.

Salah satu alasan mengapa banyak orang menyukai Spicy Ramen adalah karena sensasi yang ditimbulkan dari tingkat kepedasannya ini. Ketika memakan makanan pedas, lidah akan terasa seperti terbakar dan mulut menjadi panas. Meski begitu, bagi sebagian orang sensasi pedas ini bahkan menjadi adiktif, lho! Semakin pedas, keinginan untuk memasukkan sesendok ramen ke dalam mulut justru semakin meningkat!

Beberapa brand ramen besar sudah menyediakan menu Spicy Ramen ke dalam daftar makanan yang mereka sajikan. Seirock-ya Ramen, misalnya, mereka menyediakan Spicy Ramen hingga level maksimal yang cukup menantang untuk para pecinta pedas. Ippudo Ramen juga menyajikan menu Karaka Men Special yang terdiri dari mie tipis dengan kaldu Tonkotsu asli Ippudo, disempurnakan dengan campuran pasta miso khusus dan minyak bawang putih, dilengkapi dengan topping irisan dagin perut babi, kikurage (jamur kuping kayu), dan daun bawang.

Hakata Ikkousha, yang sudah memiliki begitu banyak cabang yang tersebar di seluruh Indonesia juga memiliki menu Spicy Ramen dengan nama Ramen Naga Merah. Menu ini adalah jenis mie keriting yang disajikan dengan kuah pedas, kental, dan gurih, dilengkapi dengan potongan daging ayam potong sebagai topping. 

Tingkat kepedasan yang disajikan oleh berbagai restoran ini beragam, kira-kira mana yang paling cocok untuk kamu si penantang pedas? Low level? Medium? Atau justru ekstra pedas, nih? Yuk, uji level pedasmu di restoran ramen terdekat!