Tonkotsu Ramen adalah hidangan mie kuah asal Fukuoka, Jepang, yang kuahnya dibuat dari rebusan tulang babi selama 8 hingga 12 jam hingga menghasilkan kaldu kental kaya rasa. Kuah ini disajikan dengan mie kenyal dan berbagai macam topping termasuk irisan daging babi panggang yang gurih dan menggugah selera. Di Fukuoka sendiri, Tonkotsu Ramen sering disebut dengan Hakata Ramen.

Baca juga: Tonkotsu Ramen, Mie Kuah Kaldu Babi yang Paling Banyak Dicari! 

Di Indonesia, yang merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia, babi sendiri bukanlah makanan yang mudah ditemui. Meski begitu, mencari Tonkotsu Ramen tidak sesulit yang dibayangkan, lho, karena sebagian besar restoran Jepang yang mengkhususkan diri pada menu ramen hampir selalu memiliki menu satu ini.

Untuk memudahkan kamu, khususnya yang tinggal di area Jakarta Selatan, yuk simak 5 Rekomendasi Tonkotsu Ramen Terbaik di Jakarta Selatan!

Menya Sakura – Gandaria City

Bicara soal Tonkotsu Ramen, tentu saja kita harus mencantumkan Menya Sakura. Restoran yang satu ini sudah dikenal dengan kelezatan Tonkotsu Ramen-nya, lho. Salah satu menu ramen unggulannya adalah Tonkotsu Charshu Men yang dibanderol dengan harga Rp99.000,- saja. Dengan total spending under Rp200.000,- kamu bisa menikmati lezatnya satu mangkuk ramen dengan kuah kaldu babi otentik ini, ditambah beberapa topping, dan minuman menyegarkan.

Cabang yang satu ini terletak di Gandaria City, Lantai 2 No. 206, Jalan Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Lama.

Ippudo Ramen – Pacific Place

Ippudo Ramen yang ada di Indonesia merupakan cabang dari restoran ramen Jepang dengan nama yang sama dan didirikan oleh Shigemi Kawahara pada tahun 1985 di distrik Hakata. Sebagai daerah yang terkenal dengan lahirnya Tonkotsu Ramen, kelezatan menu Tonkotsu di Ippudo mestinya nggak perlu diragukan lagi. Di sini, kamu bisa menemukan Tonkotsu Ramen dengan berbagai macam nama, salah satu unggulannya adalah Pork Tantanmen Special; mie tebal bergelombang yang disajikan dengan kaldu daging babi kaya rasa, dicampur dengan pasta wijen kental dan chilli oil, dilengkapi dengan topping daging babi pedas atau daging perut babi yang dibakar. Menu ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp135.000,- saja!

Cabang yang satu ini terletak di Pacific Place 5th Floor. Unit 5-37 – SCBD Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, RT.5 / RW.3 Senayan, Kebayoran Baru.

Ramen 38 Sanpachi – Kamome Building

Ramen 38 Sanpachi di Indonesia adalah bagian dari Daisei Group, salah satu perusahaan importir yang berkantor di Jakarta Selatan. Beberapa ramen chain yang ada di Indonesia juga berada di bawah naungan perusahaan yang satu ini. Meski begitu, Ramen 38 Sanpachi adalah salah satu pionir restoran ramen di Indonesia yang pertama kali beroperasi pada tahun 2003. Sebagai salah satu pionir ramen di Indonesia, Ramen 38 Sanpachi sudah dikenal dengan kelezatan dan keotentikannya, termasuk untuk menu Tonkotsu Ramen! Di sini, menu Tonkotsu dibanderol dengan harga Rp75.000,- saja, lho. Murah, kan?

Cabang yang satu ini terletak di Kamome Building, Jalan Melawai Raya No. 189B, Kramat Pela, Kebayoran Baru.

Fujiyama55 – Fatmawati

Selain Ramen 38 Sanpachi, Fujiyama55 juga merupakan restoran ramen di bawah naungan Daisei Group. Di Jepang sendiri, Fujiyama55 pertama kali beroperasi di daerah Nagoya. Karena cita rasanya yang otentik dapat diterima oleh masyarakat Indonesia, cabang Indonesia pun akhirnya dibuka! Konsep ramen bar yang diusung oleh Fujiyama55 menawarkan perbedaan pengalaman memakan ramen bagi para pembelinya. Tonkotsu Ramen di sini juga menjadi salah satu menu unggulan, dibanderol dengan harga Rp72.000,- saja, kamu sudah bisa mencicipi ramen kuah kaldu babi yang super otentik ala Fujiyama55.

Cabang yang satu ini terletak di Jl. RS. Fatmawati Raya No.201, RT.2/RW.5, Cilandak Bar., Kec. Cilandak.

Echigoya Ramen – Melawai 

Echigoya Ramen adalah salah satu restoran ramen yang menjadi favorit banyak orang yang bertempat tinggal di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Hal ini karena kelezatan menu yang disediakan, juga tempatnya yang bergaya kontemporer dengan tempat duduk sistem konter. Konon, katanya banyak ekspatriat Jepang yang mampir untuk makan ramen di sini, lho. Menarik dan meyakinkan, bukan? Sebagai salah satu restoran ramen yang menawarkan keotentikan, Echigoya Ramen tidak melupakan Tonkotsu dalam daftar menunya. Menariknya lagi, Tonkotsu Ramen di sini hanya dibanderol dengan harga Rp80.000,- saja, lho.

Cabang yang satu ini terletak di Jl. Melawai VIII No.2A, RT.3/RW.1, Melawai, Kebayoran Baru.

Nah, itu dia 5 rekomendasi Tonkotsu Ramen Terbaik di Jakarta Selatan yang wajib banget kamu coba, apalagi kamu tinggal di daerah sekitarnya. Kalau sudah coba, jangan lupa tinggalkan review dan komentar di bawah sini atau di masing-masing post restoran, ya! Penasaran nih kepengen tahu pendapatmu.