Siapa yang masih asing dengan nama Ikkudo Ichi? Faktanya, restoran ramen ini adalah salah satu pioneer dari restoran ramen di Jakarta, lho! Cabang mereka hampir ada di setiap pusat perbelanjaan ternama di Jakarta, dan untuk di beberapa cabang, mereka memiliki toko sendiri. Nah, kali ini, aku berkesempatan untuk mencoba ramen Ikkudo ini di Mall Plaza Indonesia. Untuk lokasi restorannya terletak di lantai LG, dengan interior kayu ala Jepang dan tipe open space restaurant yang memberikan akses untuk pengunjung mall melihat langsung ke dalam restorannya, restoran ini nggak akan mudah untuk diabaikan.

Untuk pilihan makanannya sendiri sangat beragam, namun toppingnya memang didominasi oleh Tori (ayam) dan Buta (babi). Nggak cuma itu, mereka juga ada opsi Kara (spicy) di hampir setiap menunya, lho! Nah, kali ini aku pesan 2 ramen nih, Buta Signature Ramen, yang merupakan ramen orisinil Ikkudo, dan Tori Aka Ramen Flaming Hot, karena aku penasaran dengan rasa pedasnya! Nggak lupa juga aku pesan Chicken Karaage untuk menetralisir rasa kaldunya.

Nah langsung aja kita review ya untuk makanannya!

Buta Signature Ramen

Buta Signature Ramen (Rp. 84.000) memiliki kuah dengan rasa yang cenderung berat tapi dengan tekstur yang ringan seperti air. Untuk rasanya juga gurih dan tipikal pork broth based sehingga terkesan “berat”. Untuk mie-nya sendiri tipe yang lurus dan kecil, teksturnya sangat lembut. Mie-nya menyerap kuahnya dengan baik, sehingga mie-nya menjadi sangat mudah dikunyah dan jadi cepat ditelan. Menurutku, akan lebih pas jika mie-nya bisa agak keras, sehingga kita bisa lebih lama menikmati rasa kuah dan mie di dalam mulut. Nah, topping buta chasiu nya juga lembut banget nih, guys. Meskipun memang ada satu bagian yang chewy karena fat, tapi secara keseluruhan masih gampang banget dimakannya, apalagi dengan citarasa smokey dan bumbu gurih yang pas!

Tori Aka Ramen

Nah, untuk Tori Aka Ramen (Rp. 83.000) ini aku rekomen banget untuk teman-teman pecinta pedas seperti aku! Kalau ditanya spicy ramen terbaik menurut aku, aku nggak akan berpikir lama-lama dan pasti akan langsung jawab Tori Aka Ramen. Untuk level pedasnya sendiri bisa request, dimulai dari level 5 sampai dengan level 10. Meskipun aku pecinta pedas, tapi toleransi kepedasan aku nggak jago-jago banget, guys. Aku hanya berani pesan level paling rendah, yaitu level 5, dan level 5 ini cocok banget dengan seleraku! Tingkat kepedasan level 5 ini menurutku nggak menyiksa, karena kita masih bisa merasakan gurihnya kaldu ayam dari kuah ramennya. Tapi memang setelah kita telan kuahnya, akan ada aftertaste pedas yang menendang. Menurutku sih pedasnya masih menyenangkan, apalagi kalau sedang hujan dan cuaca dingin, benar-benar comfort food! Oh iya, untuk topping ayamnya juga lembut banget karena dipanggang dengan pas! Rasa gurih dan smokey-nya membantu untuk mengalihkan rasa pedas kuah ramen. Untuk mie-nya sendiri menggunakan mie hitam dengan tekstur yang sedikit lebih tebal dan lebih keras, tapi secara rasa, dia nggak terlalu menyerap kuahnya, sehingga mie-nya enggak memberikan efek pedas, jadi cukup memberikan balance dengan pedasnya kuah.

Chicken Karaage

Aku juga ada pesan side dish untuk menetralisir rasa ramen nih, guys. Side dish yang aku pesan adalah Chicken Karaage (Rp. 49.000). Chicken Karaagenya enak banget! Untuk kulit ayamnya dimbumbui dengan sangat baik sehingga daging di dalamnya pun bisa menyerap rasa bumbunya. Kulit ayamnya juga enggak berminyak, jadi jangan takut eneg untuk makan kulit ayamnya! Untuk daging ayamnya sendiri tebal banget tapi tetap empuk dan juicy banget ketika digigit. Benar-benar perpaduan yang seimbang dengan kulit ayam yang crispy tapi enggak berminyak. Recommended juga untuk dicoba!

Ikkudo Ichi Plaza Indonesia

Lantai Lower Ground Mall Plaza Indonesia, Jl. M.H. Thamrin No.27 9, RT.9/RW.4, Gondangdia, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10310

Opening Hours: Senin – Minggu (10.00 AM – 9 PM)

Web: Ikkudo Ichi Indonesia