Kalian tau nggak kalau ada ramen spot tersembunyi di Plaza Senayan? Terletak di Sentra Senayan 1 lantai Basement, membuat restoran ramen ini jauh dari keramaian pusat perbelanjaan di mall, sehingga nggak heran kalau tempat ini agak lebih sepi dan terkesan hidden. Untuk akses masuknya, kalian bisa masuk dari supermarket FoodHall di lantai basement dan bisa langsung menuju ke aisle frozen foods, nah dari sana harusnya kalian bisa lihat ada akses menuju ke Sentra Senayan 1. Meskipun Marutama Ramen memiliki beberapa cabang di Jakarta, tapi menurutku cabang di Plaza Senayan rasanya berbeda loh guys! Makanya nggak heran kalau kita pasti ketemu beberapa orang Jepang yang sedang makan disini juga. Untuk vibes dalam restorannya sendiri didominasi oleh interior kayu dengan pencahayaan kuning remang-remang, khas orang Jepang yang makan dalam suasana tenang supaya bisa full menikmati makanan yang disediakan. Oh iya, konsep dapur mereka juga open kitchen sehingga kita bisa melihat langsung proses pembuatan ramennya.

Untuk ramennya sendiri, disediakan beberapa macam tergantung base atau kuah yang dipilih (shio, miso, shoyu). Nah untuk favoritnya sih di kuah shio, guys, jadi aku pesan yang Marutama Signature Ramen dengan base shio dan juga Shirunasi Ramen, yang termasuk tipe dry ramen. Shirunasi ini juga direkomendasikan oleh staf-nya lho, guys, karena termasuk ke must try ramen mereka.

Nah langsung aja kita review ya untuk makanannya!

Marutama Signature Shio Ramen

Marutama Signature Shio Ramen (Rp.70.000) menurutku adalah salah satu ramen terenak yang pernah aku makan. Untuk kuahnya menggunakan base kaldu ayam yang thick sehingga memberikan kesan creamy. Tapi yang plot twist adalah, rasa kuahnya benar-benar light and clear, nggak berat dan creamy sama sekali. Rasa gurih dari kaldu ayamnya benar-benar pas banget, karena bisa tetap bikin kuahnya enggak terasa berat meskipun teksturnya creamy. Untuk mie-nya sendiri memiliki tipe mie yang lurus dan kecil seperti tipe ramen pada umumnya. Teksturnya oke banget, nggak terlalu keras dan nggak terlalu lembek, benar-benar pas banget untuk dikunyah dan nggak kayak karet. Ditambah lagi, mie-nya bisa menyerap rasa kuahnya sehingga mie-nya sendiri nggak berasa kayak makan tepung aja! Nah, untuk topping-nya ada pork chasiu yang memiliki tekstur tipis dan rasa yang smokey dan tidak oily, sehingga makannya sangat mudah karena sudah bite sized. Ini benar-benar comfort food deh!

Original Shirunasi Ramen

Untuk ramen kedua yang aku pesan ini namanya Shirunasi Ramen (Rp. 70.000). Ramen ini termasuk dalam tipe dry ramen alias ramen kering dengan kuah yang dipisah. Recommended banget nih guys untuk kalian yang mau coba tipe ramen lain! Untuk mie-nya sendiri lebih tebal daripada mie ramen dan sudah dibumbui oleh minyak, jadi meskipun kita enggak pakai kuah ramen yang terpisah itu, mie-nya juga tetap ada rasanya, alias enggak cuma tepung aja. Tapi, kalau kita makan mie-nya tanpa kuah, tekstur mie-nya akan lebih firm, sebaliknya, kalau kita celup mie-nya ke kuah panas yang terpisah itu, mie-nya akan jadi lebih lembek dan mie-nya juga akan menyerap rasa gurih dan asin dari kuahnya. Untuk kuahnya sendiri, teksturnya lebih berat dan creamy daripada kuah Marutama Signature Ramen. Kalau kita minum kuahnya saja secara terpisah, rasanya akan jauh lebih asin. Untuk topping-nya sendiri menggunakan daging pork belly yang sudah dicincang! Ramen ini aku rekomen banget kalau kalian mau coba tipe-tipe ramen yang lain!

Oh iya, kalau kalian ambil set menu (+ Rp. 35.000), kalian bisa nambah dessert lho, guys! Karena aku pesan dua ramen, jadi kita pakai 2 set menu. Nah, dessert yang aku amabil ada Matcha Anmitsu, isinya matcha ice cream dengan saus kacang merah, jelly, mochi, dan ada sirup gula merah-nya. Nantinya, semuanya akan disiram dengan susu segar supaya makin nendang! Yang kedua, aku pesan Matcha Parfait. Klasik dari parfait sih isinya, ada matcha ice cream, buah beri, corn flakes, jelly, dan whipped cream. Untuk kedua matcha ice cream-nya menurut aku enak banget dengan tingkat kemanisan yang enggak terlalu manis dan masih ada rasa pahit matcha. Untuk buah yang diberikan juga buah fresh, sehingga worth the additional price!

Marutama Ramen Sentral Senayan